Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Merawat masa kehamilan

Merawat masa kehamilan

Jika perkawinan berhasil, kucing betina akan hamil. Dan periode kebuntingan pada Kucing Bbrkisar 62 hari - 68 hari (rata rata kelahiran pada mainecoon terjadi pada hari ke 65 - 66 sejak dikawinkan). Permasalah yang sering terjadi adalah Kontraksi atau pendarahan pada indukan di bawah hari ke 60, banyak sekali penyebabnya dan karena itu indukan hamil sangat butuh perhatian dan waktu dari kita.

• Kucing terlihat hamil biasanya pada hari ke 21 sejak dia kawin, dengan beberapa tanda seperti puting
susu berubah menjadi berwarna pink, rahim terlihat membesar tapi tidak semua kucing menunjukan tanda itu. Cara yang saya gunakan adalah metode palpasi, yaitu dengan meraba bagian Rahim indukan. Tapi memang dibutuhkan pengalaman yang banyak untuk hal ini karena susah sekali dilakukan apalagi dengan kucing yang aktif ataupun agresif. Jadi jika ingin tau hamil atau tidak lebih pastinya pada umur 1 bulan bisa di bawa ke VET(dokter hewan) untuk dilakukan USG. Ini paling valid, bisa tau hamil atau tidak, berapa jumlah janin, kesehatan ketuban dll. Sayangnya saat ini blm ada kit seperti untuk manusia yang bisa lebih mudah memastikan kebuntingan kucing sejak dini

• Seperti pada manusia, pada masa hamil kucing biasanya mengalami mual dan muntah muntah, ini biasa terjadi Pada saat Umur kehamilan 30 hari. Catatan dari saya: saat hamil jangan pernah berikan obat obatan sejenis antibiotik, Paracetamol, vaksinasi sampai obat cacing pada indukan bunting (ini harus sangat diperhatikan)

• Pada saat hamil indukan membutuhkan nutrisi yang lebih daripada saat mereka tidak hamil, karena
makanan yang masuk juga akan di bagi pada janin yang ada. Terutama kalsium, boleh di tambah tapi juga tidak boleh berlebihan karena bisa menggangu saat melahirkan, sering terjadi karena over suplemen bayi menjadi besar lebih dari normal sehingga indukan tidak bisa melahirkan secara normal. Jadi bisa bertanya dan bisa memilih asupan apa saja yang baik untuk indukan hamil.

sumber: CatsMopoltan Magazine

CatsMopolitan Magazine Edisi 2 

CatsMopolitan Magazine Edisi 1

 

Post a Comment for "Merawat masa kehamilan"