Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Earmites


Earmites

Sering, banyak orang bertanya: "bagaimana sih biar mainecoon saya bisa maksimal tumbuh surainya??"
Bagaimana bisa muncul jika faktor genetika sudah memenuhi tapi perawatan kita tidak maksimal? Kali ini tentang Earmite (kutu telinga) ini yang sering banyak orang tidak tuntas mengobatinya, jika ditanya... Telinga kucing saya bersih.. Iya tampak dari luar.

Apa itu Earmites:
Apa itu Ear Mite?
Ear mite adalah parasit kecil yang menjalani siklus hidupnya sebagian besar didalam saluran telinga. Mereka cukup umum dan dapat menyebabkan iritasi parah dan gatal ditelinga. Tungau telinga kucing yang paling umum adalah Otodectescynotis, dan karenanya infestasi dengan tungau telinga. Earmite terutama hidup disaluran telinga, dimana mereka memakan puing puing kulit. Kehadiran mereka menyebabkan peradangan, dan juga dapat menyebabkan infeksi telinga sekunder. Mereka bertelur ditelinga, dan dibutuhkan sekitar tiga minggu bagi telur untuk menetas dan berkembang menjadi tungau dewasa yang dapat bereproduksi.
Sementara tungau telinga umumnya ditemukan ditelinga, mereka juga dapat mengembara ke 
tubuh, menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit

Gejala Tungau Telinga pada Kucing
Tidak sulit mengenali tungau telinga berdasarkan perilaku dan penampilan hewan peliharaan kalian. Namun, tungau itu sendiri umumnya terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.
Tanda-tanda tungau telinga yang paling umum diantara kucing termasuk. Paling mudah dilihat secara kasat mata tanda mainecoon kita terkena earmite adalah
- Bulu dibelakang telinga tipis (karena sering digaruk)
- Bulu diatas mata (alis) tipis, bahkan cenderung habis
- Kotoran berlilin atau berlilin berwarna gelap dari telinga (agak mirip ampas kopi)
Jika kita melihat mainecoon kita sering menggaruk telinga dan menggelengkan kepalanya, kemungkinan besar mereka terkena Earmites (walaupun biasanya tidak menyerang manusia), dan juga sangat jarang menyebabkan kematian pada kucing, tapi earmite / Tungau telinga dapat menyebabkan penyumbatan saluran telinga kucing dan kadang-kadang dapat menyebabkan kucing menggaruk berlebihan sehingga pembuluh darah ditelinga pecah, yang kadang dibutuhkan pembedahan.

Transmisi Earmite
Umumnya Earmite menular lewat kontak langsung, jadi perhatikan jika salah satu dalam satu ruangan sering kumpul bersama dan salah satu kena bisa dipastikan lainnya tertular. Paling rentan adalah kucing yang sangat muda. 
Note: perhatikan Jika sedang ada indukan menyusui dan dia terkena earmite, sangat menular pada anakannya. Danini sangat berbahaya.

Perawatan dan Pencegahan
Ada beberapa alternatif untuk pengobatan earmite, biasanya drh yang berwenang mempunyai protokol untuk hal ini. Masalahnya diluar juga banyak diluar obat obatan untuk earmite dan maaf sering saya ketemu berapa orang mengobati dengan obat ini dan sama sekali tidak berfungsi. Dan banyak orang tidak paham mau instant, sekali dua kali sudah berhenti mengobati, efeknya kutu muncul lagi dan siklusnya ga akan selesai. Seperti kita tau, siklus ear mite selama minimal 15 hari. Kita kadang mengobati sehari - 3 hari, jika terlihat hilang kita sering meremehkan lagi. Saran saya obati selama minimal 15 hari, 3 hari pertama rutin 2 x sehari kemudian dilanjutkan 3 hari sekali selama 5 x (per 3 hari - 1 x sehari). Fungsinya: 3 hari pertama membunuh earmite yang hidup, 5 x per 3 hari untuk membunuh bayi ear mite yang menetas mulai menyerang telinga lagi. Telur kutu tidak bisa dibunuh karena mereka tidak mempunyai syaraf, sedang kebanyakan obat membunuh dengan menyerang syaraf kutu atau cacing Tap iuntuk lebih baiknya jika sudah sampai terinfeksi dan sampai melukai bagian telinga kucing  bisa Kosultasi dengan dokter hewan kalian, karena mungkin akan dibutuhkan obat obatan jika terjadi peradangan dan infeksi bakteri sekunder. Jangan Gampang percaya dengan obat obatan yang dijual dipasaran

Note: JIKA SALAH SATU DALAM RUANGAN KENA, SEBAIKNYA DIOBATI SECARA 
BERSAMAAN

Post a Comment for "Earmites"