Artikel

Syarat dan Cara Menjadi ‘Mendirikan’ Cattery

mainecoon.id – Cattery adalah tempat di mana breeder memelihara dan melakukan aktifitas pembiakan. dan Breeder (pembiak) ialah orang yang membiakkan (kucing) dengan sengaja untuk tujuan menghasilkan anakan.

Syarat dan Cara Menjadi 'Mendirikan' Cattery

Selain itu, untuk mendaftar jadi cattery ada beberapa sebutan sebagai berikut:

  • Registered Breeder yaitu orang yang meregistrasikan (mendaftarkan) kegiatannya pada asosiasi/federasi/organisasi/klub (cat registry) tertentu.
  • Registered Cattery adalah orang yang meregistrasikan (mendaftarkan) cattery-nya pada asosiasi/organisasi/klub kucing tertentu. Dari setiap asosiasi/federasi/organisasi/klub tersebut memiliki aturan masing-masing dan konsekuensinya cattery yang terdaftar di salah satu asosiasi/federasi/organisasi/klub tersebut harus mengikuti aturan yang ditetapkan asosiasi/federasi/organisasi/klub tersebut.

Jika ada orang yang mengaku sebagai breeder atau punya cattery tetapi tidak terdaftar di asosiasi/organisasi/klub manapun, ya itu boleh-boleh saja, tetapi dia bukan registered breeder otomatis dia juga bukan registered cattery.

Di dunia terdapat banyak sekali asosiasi/federasi/organisasi kucing, namun di sini saya akan membahas asosiasi/klub kucing yang ada di Indonesia. Ada 3 asosiasi/federasi/organisasi/klub kucing di indonesia yaitu :

  • CFSI (Cat Fanciers’ Society of Indonesia)
  • ICA (Indonesian Cat Association)
  • CFI (Cat Fancy Indonesia)

Dan ketiga asosiasi/klub tersebut masing-masing mengacu ke major federation tersebut (khususnya ke CFA, FIFe, dan TICA). Masing-masing asosiasi/federasi/klub tersebut memiliki standard tersendiri untuk suatu jenis/ras kucing. Kadang untuk jenis/ras kucing tertentu diakui dan dianggap memenuhi standard di suatu klub kucing, namun di klub kucing lainnya, jenis/ras tersebut tidak diakui atau belum diakui.

Karena kami adalah pemilik cattery yang terdaftar di CFA, maka yang akan kami bahas adalah bagaimana cara menjadi cattery CFA.

Untuk menjadi cattery CFA, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Cek nama cattery atau namacalon cattery anda di sini
  2. Apabila nama calon cattery yang anda mau tersedia, maka daftarkan nama cattery anda di sini
  3. Isi form secara lengkap serta siapkan credit card untuk melakukan pembayaran secara online.
  4. Setelah selesai anda akan mendapat email notifikasi dari CFA dan tinggal menunggu sertifikat cattery (kurang dari maksimal 1 – 2 bulan)

Kenapa CFA : karena CFA adalah organisasi kucing pedigree terbesar di dunia yang berpusat di Ohio , USA. informasi lengkap dapat di lihat di sini

Mudah bukan? Tetapi dalam konteks untuk menjadi cattery tidak semudah apa yang kita bayangkan karena ketika kita sudah menjadi cattery banyak syarat yang harus kita patuhi (itu pun kembali ke diri kita masing masing).

  • Cattery/pembiak (breeder) adalah benar-benar seorang Cat Lover atau penyayang kucing
  • Breeder harus memiliki pengetahuan mengenai kucing dan perawatannya. Itu bisa kita dapatkan dari sharing atau pun belajar dari rekan-rekan sesama cattery.
  • Cattery/breeder harus memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk tidak memperlakukan kucing dengan semena-mena.
  • Kucing akan dirawat sebaik-baiknya, memenuhi standar kesehatan diantaranya adalah pemberian makanan, vitamin, pengobatan rutin seperti obat cacing dan vaksinasi serta pemeliharaan yang layak yaitu tempat yang cukup untuk kucing bergerak dan beraktifitas.
  • Cattery/breeder dilarang keras merusak catatan generasi kucing baik kucing breed quality atau show quality. Tujuan cattery adalah menjaga kemurniaan genetik kucing yang dibiakkan dengan cara: melakukan pembiakan kucing sesuai dengan rasnya yaitu peraturan pembiakan/genetik yang telah ditentukan dan membuat laporan perkawinan yang sebenarnya untuk dapat diterbitkan sertifikat silsilah kucing yang dibiakkan.
  • Cattery/breeder harus memiliki tanggung jawab untuk tidak akan melakukan hal yang dapat merugikan orang lain atau penyayang kucing lain terutama kucing itu sendiri.
  • Kucing yang akan dipindah-tangankan harus layak dan dalam keadaan sehat, apabila mengalami kelainan (cacat) sebaiknya diberitahukan terlebih dahulu kepada calon adopter/pembeli karena memberitahukan informasi atau kronologis status kucing yang sebenarnya akan mempermudah calon adopter/pembeli untuk merawatnya kelak (kejujuran yang kita utamakan) semisal memiliki sertifikat silsilah atau kucing tersebut bukan ras murni.
  • Proses pemindah-tanganan kucing dari cattery ke adopter/pembeli sebaiknya didasarkan pada perjanjian yang sudah disepakati mencakup vaksinasi kucing lengkap, kucing sehat berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter hewan.
  • Anak kucing dapat dipindah-tangankan setelah lepas sapih atau berumur sekitar 3 – 4 bulan atau lebih dan telah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Banyak di luar sana salah mengartikan aktifitas breeding dan cukup banyak sekali diidentikkan dengan peternakan dan jual beli kucing. Menurut kami kurang tepat. Karena ketika kita berani mengambil keputusan untuk menjadi cattery/breeder maka kita harus menjadi cattery/breeder yang responsible (bertanggungjawab), tetapi ada juga yang tidak bertanggung jawab. Yang dimaksud bertanggung jawab adalah cattery/breeder tersebut benar-benar sebagai penyayang binatang (dalam hal ini cat lover atau penyayang kucing) yang memperhatikan perawatan kucing sebaik-baiknya, baik untuk kucingnya maupun adminstrasi yang berlaku.

Jadi jika ada cattery/breeder yang tujuannya hanya memperbanyak dan menjual kucing tapi tidak memperhatikan kesehatan maupun masa depan kucingnya, maka mungkin dia tidak layak disebut dengan cattery/breeder yang bertanggung jawab.

Aktifitas untuk breeding sendiri menurut kami bisa membahayakan kesejahteraan dan kesehatan kucing kalau tidak dikontrol dengan tepat. Misalnya sekarang ini mulai banyak orang jual kucing dengan harga murah atau membiakkannya dengan cara tidak tepat (menyilangkan ras campuran), banyak juga kucing-kucing sakit tidak dirawat dengan benar, diterlantarkan, sekarat, bahkan mati di kandang-kandang petshop, ini semua sangat tidak benar. Karena cattery/breeder yang seperti ini akan banyak mendapat kecaman dari penyayang kucing maupun para teman cattery/breeder sendiri. Tapi kami percaya, itu hanya perbuatan oknum. Dengan kita menjadi cattery/breeder yang teregistrasi, semoga kesejahteraan kucing-kucing semakin baik.

Menjadi cattery/breeder, bukan hal yang gampang, butuh komitmen yang luar biasa. Seperti di awal kami menulis, kalau hanya proses administrasi jadi registered catery itu sangat gampang, tetapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana tanggung jawab dan komitment kita untuk lebih mengetahui esensi dari kegiatan breeding itu sendiri karena semua harus melaui proses.

Contoh seritifikat cattery dari CFA

Contoh seritifikat cattery dari CFA

seruni cattery

https://ecat.cfa.org/public/catterylist.aspx?startswith=S

sumber: lungcattery.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *