Artikel / Berita

Kucing Bukan Penyebar Virus Tokso !

mainecoon.id – Selama ini beredar anggapan di masyarakat bahwa kucing adalah hewan penyebar virus tokso. Padahal anggapan ini sama sekali salah.

Menurut drh Angela Maharani, penyebaran tokso pada kucing dapat dicegah dengan manajemen pemeliharaan yang baik. Alasan kenapa kucing bisa menyebarkan tokso adalah karena makanan yang diberikan.

maine coon ktten

“Jangan berikan kucing makanan mentah karena makanan mentah adalah asal usul tokso. Tokso itu terdapat di semua bahan mentah, seperti daging atau lalapan bisa masuk tokso plasma,” kata drh.

Tokso pada kucing bisa terjadi tanpa gejala dan tidak terlihat. Itulah sebabnya tokso baru bisa terdeteksi ketika dilakukan pemeriksaan.

Virus ini menular kepada manusia melalui feses yang dikeluarkan kucing. Oleh sebab itu, kebersihan kucing harus tetap dijaga agar kotorannya tidak menempel pada tubuhnya yang menyebar ke mana-mana.

“Dia (tokso) bisa menempel pada bulu kucing kemudian kita elus-elus, dan tanpa cuci tangan kita makan, virus itu bisa termakan,” kata drh. Angela.

sumber: viva.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *